Wednesday, October 21, 2015

Peran Penting Dan Fungsi Ginjal Pada Manusia



Setiap tubuh manusia pasti memiliki ginjal yang berjumlah dua buah atau satu pasang, namun terdapat pula yang hanya memiliki satu buah ginjal sama. Meskipun begitu, fungsiginjal pada manusia sangatlah penting dan teramat sangat membantu kinerja tubuh dari satu ke yang lainnya. Hal ini dikarenakan ginjal menjadi salah satu organ vital yang mempengaruhi kinerja tubuh manusia. Dapat dikatakan bahwa organ berukuran relatif kecil ini mampu berperan penting di setiap harinya. Tak akan baik-baik sama pada keadaan individu tersebut tanpa sebuah ginjal yang sehat di dalamnya. Sehingga peran dari organ yang satu ini menjadi prioritas dan wajib dijaga karena bila rusak sistem kinerja tubuh dapat kacau dan kematian bisa saja datang.

Bahwasannya peran penting dan fungsi ginjal pada manusia itu sangat banyak dan semunya sangat diperlukan oleh tubuh. Walaupun tubuh hanya memiliki satu buah ginjal sekalipun ini tetap sangat membantu dan tetap dikatakan penting. Seperti halnya dengan beberapa fungsi ginjal berikut ini:

·         Sebagai ekskresi atau yang disebut dengan fungsi utama dari ginjal yakni untuk membuang zat-zat sampah di dalam tubuh yang sudah tidak dipakai dan tidak diperlukan oleh tubuh lagi dan diubah menjadi bentuk urin.
·         Mengeluarkan racun-racun yang brerbahaya bagi tubuh yang dibentuk dan dihasilkan berupa urin pula.
·         Menjaga kadar basa dan asam di dalam tubuh.
·         Menyerap kembali hasil elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
·         Sebagai penghasil zat ataupun hormon seperti contohnya ialah eritropoietin, rennin dan kalsitriol.
·         Mengatur volume cairan yang berada di dalam darah atau mengontrol agar jumlah cairan darah dapat seimbang dan dipertahankan oleh tubuh.
·         Mengendalikan kadar gula di dalam darah yakni akan mengontrol kelebihan dan juga kekurangan gula yang ada di dalam darah dengan melibatkan hormon insulin dan adrenalin.
·         Menjaga pH dara yangmana ginjal akan mengatur kadar seimbang atas adanya kadar asam dan basa dengan kisaran 7, 4 yang dihasilkan leh adanya pertukaran ion hidroksil dan hidronium.
·         Mengatur jadar garam yang ada di dalam darah sehingga tetap seimbang.

Beberapa tersebut merupakan sebagian dari peran penting suatu ginjal di dalam tubuh manusia. Dengan demikian sebagai salah satu pihak yang ingin mendapatkan kinerja ginjal tanpa kurang suatu apapun bisa menjaga kesehatan dari ginjal itu sendiri. Seperti contohnya ialah dengan olahraga teratur, menghindari diri dari konsumsi alkohol, menjaga pola hidup yang sehat dan lainnya. Menjaga kesehatan ginjal sangat perlu agar resiko ketdakfungsinya suatu ginjal bisa dihindari dengan mudah. Bilamana fungsi ginjal pada manusia tak bekerja seperti seharusnya dapat dipastikan bahwa tubuh memiliki kelainan ataupun masalah pada ginjal itu sendiri yang nantinya akan berdampak buruk kepada kesehatan organ yang lain dan tubuh.

No comments:

Post a Comment